Jumat, 02 Agustus 2013

Antara PBA dengan PAI

Entahlah. Hasil besok apa. LULUS atau TIDAK LULUS. Yaa... Apapun jawabannya, gw serahin ke Yang Maha Kuasa. I believe that Allah knows mana yang terbaik buat gw dan mana yang nggak baik buat gw. Gw emang ada feel buat pindah ke PAI. Tapi, gw juga ada feel buat tetep belajar di PBA (mengingat cita-cita gw jadi guru bahasa Arab). Tapi... Lo harus tau gimana rasanya belajar bahasa Arab. Ya, lo harus tau.
Ga susah sih emang, tapi... kalo lo mau belajar bahasa Arab, lo nggak boleh meleng sedikit pun. Lo harus konsentrasi. Harus istiqomah. Sesusah apapun bahasa Arab, lo harus hantem! Beneran gw, nggak boong. Kalo lo nggak hantem, dan kalo lo main-main, gw jamin nasib lo sama kayak gw. Pindah. Nggak betah. Diancem berbagai macam ketakutan.
Hahaha.... Gw yang salah sebenernya. Selama ini gw kuliah kurang maksimal. Semua karena sikon. Gw itu orang yang gampang terpengaruh sama kondisi lingkungan. Kalo temen-temen gw orangnya baik-baik, jujur, nggak pelit, pasti gw juga kayak gitu. Ini... Temen-temen gw kalo matkul bahasa Arab cenderung inget sama diri sendiri doang. Disaat matkul yang pake bahasa Indonesia, baru inget gw. Kalo dosen ngejelasin (pake bahasa Arab), terus gw tanya, "Lo paham?", Seketika mereka geleng. Beneran. Tapi.... Waktu dikasih tugas, mereka lancar. Asli, kan ngeselin banget orang kayak gitu. Kalo mereka bilang paham, gw kan bisa nanya ke mereka. Bisa minta jelasin.
Nah, kesalahan gw yang kedua. Gw itu orang yang malu nya nggak bisa diitung. Gw tipe orang yang kegedean malu. Dikit-dikit malu, dikit-dikit nggak enak. Temen di kelas gw, rata-rata yang pinter anak cowo. Yang cewe dikit, bisa diitung pake jari. Nah, disaat temen gw yang cewe minta jelasin ke anak cowo, gw engga. Apa yang gw lakuin? Yaaaa... Gw sok sok-an belajar sendiri. (Baca huruf-huruf gundul, ngartiin dikit-dikit, tapi keseringan gw nggak paham apa yang dimaksud sama tulisan-tulisan gundul itu).
Terusssss-terusaaan kayak gitu. Hari berganti hari, minggu berganti minggu, bulan berganti bulan, gw ngerasa perkembangan gw di PBA nggak banget. Gw ngerasa ilmu yang gw dapet secuil. Gw nggak puas dengan cara belajar gw.
Dan akhirnya.. Gw mutusin diri buat nyoba lagi. Tes mandiri lagi di kampus. Dengan pilihan PAI. Sebenernya gw juga nggak tau gimana rasanya matkul PAI. Jangan-jangan lebih susah??? Oh NOOO!! Jangan sampe.
Pokoknya, apapun jawabannya besok, gw harus lapang. Karena gw yakin itu adalah pilihan yang terbaik dari Alloh. Sekalipun gw harus ninggalin PBA beserta temen-temen gw, atau sekalipun gw harus ngadepin bahasa Arab di PBA kalo gw nggak lulus. Bismillahirrahmaanirrahiim...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar